PEMERINTAH SAUDI : BESOK AWAL DZULHIJJAH, WUKUF ARAFAH KAMIS 25 OKTOBER

RIYADH (gemaislam) – Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengumumkan permulaan bulan Dzulhijjah 1433 H. Melalui Mahkamah Agung, Pemerintah menetapkan bahwa 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Rabu (17/10). Artinya ibadah wukuf di Arafah 9 Dzulhijjah akan dilakukan Kamis (25/10) dan Idul Adha akan dirayakan pada Jumat (26/10).

Dilansir islamtoday, Selasa (16/10) Pemerintah Saudi dalam hal ini menyatakan bahwa hari ini, Selasa merupakan hari terakhir di bulan Dzul-Qa’dah. Sebelumnya pada hari Senin, pemerintah Saudi telah menggelar pertemuan di Riyadh guna membahas masalah ru’yatul hilal di negara kerajaan tersebut. Hasilnya, karena ketiadaan dua saksi terpercaya yang melihat hilal, maka bulan Dzul-Qa’dah digenapkan menjadi 30 hari dan Rabu ditetapkan sebagai awal mula bulan Dzulhijjah.

Di Indonesia, kemarin Kementrian Agama juga menggelar sidang Itsbat untuk menentukan awal bulan Dzul Hijjah. Acara dipimpin oleh Prof. DR. Nasaruddin Umar dan berlangsung lancar tanpa ada perdebatan. Dari semua petugas yang ditunjuk, tidak ada satupun yang melihat hilal awal Dzul Hijjah, sehingga Kemenag memutuskan Rabu sebagai awal Dzulhijjah. Itu berarti  Idul Adha akan dilangsungkan serempak dan dirayakan oleh kaum muslimin seluruh dunia di waktu yang bersamaan. (arc gemaislam.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s