PEMERINTAH SUDAH TETAPKAN AWAL DZUL HIJJAH, INSYA ALLAH IDUL ADHA TAHUN INI BERLANGSUNG SEREMPAK

JAKARTA (gemaislam) – Sore ini, Senin (15/10)  kementrian agama menggelar sidang Itsbat untuk menentukan awal bulan Dzul Hijjah. Dalam acara yang dipimpin oleh wakil menteri agama, Prof. DR. Nasaruddin Umar itu berlangsung lancar tanpa ada perdebatan.

Pemerintah telah menunjuk tim untuk melihat hilal di beberapa titik di wilayah Indonesia. Dan semua petugas yang ditunjuk tersebut tidak ada satupun yang melihat hilal awal Dzul Hijjah. Secara perhitungan, ijtima’ terjadi pada pukul 19. 02 WIB dan hilal berada pada ketinggian 2, 44 derajat.

Dalam sidang  kali ini diputuskan tanggal 1 Dzul Hijjah jatuh pada hari Rabu bertepatan dengan  tanggal 17 Oktober 2012 dan hari raya Idul Adha akan jatuh pada hari Jumat, 26 Oktober 2012.

Menurut perkiraan, seluruh kaum muslimin di dunia akan merayakan hari raya Idul Adha secara seragam pada hari Jumat, 26 Oktober 2012. Ini merupakan karunia dari Allah yang begitu besar, mengingat sering terjadinya perbedaan penentuan hari raya dalam tubuh kaum muslimin sehingga membuat bingung sebagian muslimin awam. Semoga hari raya selanjutnya bisa selalu seragam, aamiin. (bms/aminullah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s