Donasi Ma’had Al-’Ilmi Yogyakarta

[1] Pengantar

Ma’had Al-’Ilmi Yogyakarta merupakan salah satu wadah pengkaderan penggerak dakwah salaf dari kalangan mahasiswa dan akademisi. Para mahasiswa dari berbagai daerah menimba ilmu di Ma’had ini di tengah-tengah kesibukan mereka di bangku perguruan tinggi.

Di Ma’had ini santriwan dan santriwati mendapatkan pembekalan ilmu-ilmu dasar yang terkait dengan tauhid, akidah, dan fikih maupun ilmu-ilmu lain yang menjadi penopang pengembangan diri sebagai penimba ilmu syar’i dan kader da’i -semacam ilmu ushul fikih, ushul tafsir, ushul hadits, dll-. Perjalanan Ma’had Al-’Ilmi sebagai sebuah lembaga pendidikan luar kampus bagi para mahasiswa cukup besar dirasakan kemanfaatannya, tidak hanya bagi individu yang bersangkutan namun juga oleh masyarakat dan khususnya para pegiat dakwah di lapangan.

Tidak dipungkiri bahwa kemampuan diniyah alumni Ma’had ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan alumni pondok pesantren. Hal ini bisa dimaklumi karena Ma’had Al-’Ilmi memang bukan diperuntukkan bagi santri yang secara full menimba ilmu syar’i. Meskipun demikian, keberadaan Ma’had ini sebagai wahana pembibitan penggerak dakwah -terutama di dunia mahasiswa dan dakwah di dunia maya- cukup memberikan dampak positif yang patut disyukuri. Terbukti, dengan banyaknya majelis ilmu syar’i di sekitar kampus dan pelajaran bahasa arab dasar yang terus-menerus diadakan untuk meningkatkan kemampuan ilmiah para mahasiswa yang menimba ilmu di kota Gudeg ini. Yang notabene itu semuanya -atau sebagian besar- digerakkan oleh santri dan alumni Ma’had Al-’Ilmi.

Oleh sebab itulah, memberikan perhatian yang cukup besar terhadap perkembangan dan keberlangsungan Ma’had ini adalah sesuatu yang sangat wajar bagi kita, para pemerhati dakwah kampus di Indonesia pada umumnya. Hal ini mengingat kemanfaatan Ma’had ini tidak hanya akan bisa dirasakan oleh para mahasiswa yang kuliah di Jogja saja, bahkan bisa meluas kepada mahasiswa dan masyarakat umum di berbagai pelosok Nusantara. Apalagi, dakwah melalui dunia maya pada masa ini telah menjadi kebutuhan kita bersama. Sehingga berkat kemajuan teknologi -setelah taufik dari Allah- dengan mudahnya kita bisa mengakses informasi keislaman dimana saja kita berada.

Untuk itu kami mengharapkan partisipasi segenap pihak. Tidak hanya dukungan secara materi, namun bisa juga berupa saran dan dorongan moril demi kesuksesan program pembinaan generasi muda Islam ini. Terkait dengan hal itulah, pihak Ma’had merasa tertuntut untuk membuka diri dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kaum muslimin untuk ikut serta mendukung kegiatan dakwah dan tarbiyah ini melalui penyaluran donasi, baik secara rutin maupun insidental.

[2] Kegiatan Rutin Ma’had

  • Pelajaran dalam sepekan; tauhid, akidah, fikih, ushul fikih, hafalan hadits, hafalan quran
  • Lomba hafalan quran dan hadits untuk santri (akhir semester)
  • Daurah/Kajian intensif liburan (awal tahun ajaran dan akhir semester)
  • Daurah/Kajian intensif selama bulan Ramadhan
  • Daurah insidental (akhir pekan dan hari libur)

[3] Rekening Donasi

Bagi kaum muslimin yang hendak menyalurkan donasi untuk Ma’had Al-’Ilmi dapat melalui transfer ke nomor rekening Donasi Dakwah YPIA:

  • Bank BNI Syariah Yogyakarta atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening 024 1913 801.
  • Bank Muamalat atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Yogyakarta. Nomor rekening: 000 124 7776.
  • Bank Syariah Mandiri atas nama YPIA Yogyakarta. Nomor rekening: 703 157 1329.
  • CIMB Niaga Syariah atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening: 508.01.00028.00.0.

Catatan :

Setiap donatur dimohon mengkonfirmasikan donasinya ke nomor: 0857-4722-3366

Dengan format sbb: Nama#Alamat#Besar Donasi#Tanggal Transfer#Rekening#Mahad Ilmi

Untuk informasi seputar kegiatan ma’had al-’ilmi, dapat menghubungi nomor

0857 9920 3331

0852 9299 5015 (khusus muslimah)

Atau kujungi situs di www.MahadIlmi.Com

Sumber : muslim.or.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s